Statistik Blog

Selasa, 19 Agustus 2014

Idealisme Produktivitas Kerja


 
            Sebaik-baiknya pekerjaan adalah dengan tanganmu sendiri. Pada kesempatan lainnya baginda rosul pernah mengingatkan bahwa andaikata kiamat datang esok harinya, janganlah pernah menunda aktivitas menanam sebab kebaikan akan tercatat sejak mulai niat dimunculkan atau saat ketika menanam kebaikan itu dilakukan. Dan sejarah mencatat bahwa rosul tidak pernah mengalami sakit dalam kehidupannya kecuali mengalami sakit demam saat menerima wahyu dari malaikat Jibril sebagai titahNya. Hart, analisis barat dalam 100 tokoh yang berpengaruh di dunia kemudian menganalisis panjang dan akhirnya berani menyimpulkan bahwa rosul ini layak ditempatkan di urutan teratas melewati Thomas Alfa Edison penemu lampu listrik atau Wright bersaudara penemu pesawat terbang. Dalam dialog dengan Tuhan yang kemudian dikenal sebagai ritual sholat, rosul ini seringkali disebut sebagai ungkapan salam yang disejajarkan kemudian dengan rosul-rosul lainnya.

            World of the jobs kemudian bermetamorfosis berulang-ulang dan membukan lembaran-lembaran literatur terkini sebagai sebuah tafsir berjalan sesuai dengan tuntutan, sifat, perilaku dan perkembangan zaman itu sendiri. Sebagai sebuah bagian dari bentuk penghambaan, dunia kerja kemudian didefinisikan lebih luas sebagai bentuk ikhtiar wajar kemanusiaan atau corporation yang menghubungkan komponen satu dengan komponen lainnya. Hanya dalam dunia tersebut, berbagai budaya dan tradisi saling dipertemukan dan dikomunikasikan untuk menemukan washit atau jalan tengah dimana dunia mengenalnya sebagai win-win solution antar berbagai hal dan kepentingan. Dan satu hal penting lainnya berkat good will dan  optimism wajar untuk maju, tidaklah aneh peradaban dunia seringkali tercatat sepanjang masa bukan hanya terlihat wah dari sisi seni arsitekturnya namun substansi ruh yang terpancar dari peradaban tersebut. Candi Borobudur, menara Eiffel, tembok terpanjang di China, adalah beberapa contoh keajaiban dunia buah mahakarya kesungguhan kerja kemanusiaan dan etos system kerja yang dibangun atas dasar nilai kebersamaan yang tinggi.

            Akan tetapi tentu urusan dunia tidak hanya sekadar merelasikan satu hal dengan hal-hal lainnya sebagai sebuah bentuk revisi keyakinan, namun dibalik itu, diam-diam dunia yang seringkali didefinisikan sebagai ayat-ayat kauniyah yang tergambar di alam semesta ini, ia seringkali sedikit mencubit mesra setiap insan untuk tidak hanya sekadar melihat konfigurasi ruh dan anatomi dunia luar semata, namun dibalik itu semua, dunia memperkenankan setiap insan maupun corporation untuk terus melihat konfigurasi ruh anatomi dunia dalam atau alam mikrokosmis yang seringkali menjadi gagasan besar dalam merevisi dan mereformasi ulang bangunan kemanusiaan maupun bangunan peradaban yang hanya dapat terlihat dari kejauhan maupun dari suara hati sanubari terdalam yang seringkali diam-diam terdengar di kapanpun adanya.  [AF]