Sebaik-baiknya
pekerjaan adalah dengan tanganmu sendiri. Pada kesempatan lainnya baginda rosul
pernah mengingatkan bahwa andaikata kiamat datang esok harinya, janganlah
pernah menunda aktivitas menanam sebab kebaikan akan tercatat sejak mulai niat
dimunculkan atau saat ketika menanam kebaikan itu dilakukan. Dan sejarah
mencatat bahwa rosul tidak pernah mengalami sakit dalam kehidupannya kecuali mengalami
sakit demam saat menerima wahyu dari malaikat Jibril sebagai titahNya. Hart, analisis
barat dalam 100 tokoh yang berpengaruh di
dunia kemudian menganalisis panjang dan akhirnya berani menyimpulkan bahwa rosul ini layak
ditempatkan di urutan teratas melewati Thomas Alfa Edison penemu lampu listrik atau
Wright bersaudara penemu pesawat terbang. Dalam dialog dengan Tuhan yang
kemudian dikenal sebagai ritual sholat, rosul ini seringkali disebut sebagai
ungkapan salam yang disejajarkan kemudian dengan rosul-rosul lainnya.
World of
the jobs kemudian bermetamorfosis berulang-ulang dan membukan lembaran-lembaran
literatur terkini sebagai sebuah tafsir berjalan sesuai dengan tuntutan, sifat,
perilaku dan perkembangan zaman itu sendiri. Sebagai sebuah bagian dari bentuk penghambaan, dunia
kerja kemudian didefinisikan lebih luas sebagai bentuk ikhtiar wajar kemanusiaan
atau corporation yang menghubungkan komponen
satu dengan komponen lainnya. Hanya dalam dunia tersebut, berbagai budaya dan tradisi
saling dipertemukan dan dikomunikasikan untuk menemukan washit atau jalan tengah dimana dunia mengenalnya sebagai win-win solution antar berbagai hal dan kepentingan.
Dan satu hal penting lainnya berkat good
will dan optimism wajar untuk maju,
tidaklah aneh peradaban dunia seringkali tercatat sepanjang masa bukan hanya terlihat
wah dari sisi seni arsitekturnya namun substansi ruh yang terpancar dari
peradaban tersebut. Candi Borobudur, menara Eiffel, tembok terpanjang di China, adalah
beberapa contoh keajaiban dunia buah mahakarya kesungguhan kerja kemanusiaan dan etos system
kerja yang dibangun atas dasar nilai kebersamaan yang tinggi.
Akan
tetapi tentu urusan dunia tidak hanya sekadar merelasikan satu hal dengan hal-hal
lainnya sebagai sebuah bentuk revisi keyakinan, namun dibalik itu, diam-diam dunia yang seringkali
didefinisikan sebagai ayat-ayat kauniyah yang tergambar di alam semesta ini, ia
seringkali sedikit mencubit
mesra setiap insan untuk tidak hanya sekadar melihat konfigurasi ruh dan
anatomi dunia luar semata, namun dibalik itu semua, dunia memperkenankan setiap insan
maupun corporation untuk terus
melihat konfigurasi ruh
anatomi dunia dalam atau alam mikrokosmis yang seringkali menjadi gagasan besar
dalam merevisi dan mereformasi ulang bangunan kemanusiaan maupun bangunan
peradaban yang hanya dapat terlihat dari kejauhan maupun dari suara hati
sanubari terdalam yang seringkali diam-diam terdengar di kapanpun adanya. [AF]